Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

KH Suyuti Thoha Beberkan Keunggulan Bulan Muharram


Topswara.com -- Ulama Pondok Pesantren Mansya’ul Huda KH Suyuti Thoha membeberkan di antara keunggulan bulan Muharram.

"Keunggulan-keunggulan bulan Muharram, sebenarnya bulan Muharram ini adalah bulan mulia," tuturnya dalam Focus Group Discussion (FGD) #30: Makna Hijrah Meraih Kemerdekaan Hakiki Menurut Para Tokoh, di saluran YouTube Pusat Kajian Analisis dan Data (PKAD), Sabtu (14/8/2021).

Kiai Suyuti menjelaskan, di antara kemuliaannya, bulan Muharram dinamakan Syahru Sa’id, artinya bulan kejayaan bagi orang Islam dan bulan nahas bagi orang kafir. Ia juga menjelaskan bahwa dalam sejarah, kemenangan para nabi juga terjadi di bulan Muharram. Seperti misalnya kemenangan Nabi Musa atas Fir'aun, Nabi Nuh terselamatkan dari banjir bandang, Nabi Yunus pun terbebas dari paus terjadi di bulan Asy Syura’ (Muharram). 

"Kemenangan nabi-nabi itu di bulan Muharram. Nah, kehancuran itu bagi orang kafir. Karena itu bulan Muharram ini dinamakan Syahru Sa’id, bulan kejayaan bagi orang Islam, bulan nahas bagi orang kafir," terangnya.

Kiai Suyuti juga menjelaskan bahwa Allah akan memberikan keluasan rezeki kepada siapa saja yang memberikan kemudahan kepada saudaranya di bulan Asy Syura' sebagaimana yang disampaikan Ummul Mukminin Siti Aisyah r.a. "Siti aisyah menyampaikan, barang siapa memberi keluasan di hari Asyura’ kepada saudaranya, dalam waktu satu tahun insya Allah diberi kelonggaran rezeki," imbuhnya.

Selain itu, Kiai Suyuti juga menerangkan bahwa bulan Muharram adalah bulan hijrah. Karena itu ia mengajak umat untuk berhijrah. "Sekarang bulan hijrah. Marilah kita hijrah. Alhamdulillah, kita masih ada. Kalau nanti kita tidak berjuang, bagaimana cucu-cucu kita untuk negara ini," serunya.

Ia mengingatkan agar umat Islam tidak diam saja terhadap kezaliman. Sebab, menurutnya, diam dan menganggap remeh atas kezaliman akan menjadi penyebab turunnya azab Allah.

"Jadi, kalau ada kezaliman kita kok diam saja, menganggap kezaliman ini remeh, ini akan menjadi sebab turunnya azab dari Allah. Nah, kita sudah tahu di Indonesia ini gimana," ungkapnya.

Di samping itu, Kiai Suyuti juga mengajak kepada umat Islam untuk mendekatkan diri kepada Allah di bulan Muharram ini dengan memperbanyak amalan seperti shalat, terutama di hari Asy Syura' 10 Muharram. Ia juga mengingatkan agar umat Islam tidak melalaikan Islam.

"Kita mendekatkan diri kepada Allah. Kadang- kadang kita sendiri melalaikan Islam kita sendiri," pungkasnya. [] Saptaningtyas
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar