Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Hijrah Bareng-Bareng, Ajengan Yuana: Contohlah Generasi Terbaik Terdahulu


TopSwara.com-- Mengenai panduan hijrah, Ulama Hadis dan Inspirator Hijrah Nasional Ajengan Yuana Ryan Tresna mengatakan, contohlah generasi terbaik terdahulu melakukan hijrah.

"Adakah panduan hijrah? Sebenarnya adalah kita tinggal contoh saja, tinggal contoh generasi terbaik dulu melakukan hijrah," tuturnya dalam acara Hijrah Bareng-Bareng yang diselenggarakan Komunitas Pecinta Hijrah, Rabu (11/08/2021) via online.

Ajengan menegaskan, bahwa panduan hijrah harus melihat bagaimana Kanjeng Nabi Muhammad SAW, para sahabat ra dan juga generasi setelahnya, para tabiin, para tabiut tabiin melakukan hijrah tersebut.

Bahkan Ajengan mengutip sebuah syair indah yang dinukil al-Hafizh al-Suyuthi:

نَبْنِي كَمَا كَانَتْ أَوَائِلُنَا . تَبْنِي، وَنَفْعَلُ مِثْلَ مَا فَعَلُوْا

“Kami membangun sebagaimana generasi pendahulu kami membangun. Dan kami berbuat sebagaimana mereka telah berbuat," kutipnya.

Bahkan Ajengan juga menerangkan, bahwa ini prinsip yang penting dalam hijrah. "Kita ini sedang membangun hari ini, apa yg dulu pendahulu kita membangun, kita juga sedang berbuat sebagaimana yang telah diperbuat oleh mereka," terangnya.

Ajengan kembali memperjelas mengenai panduan hijrah. "Oleh karena itu, panduan hijrah itu adalah contoh para shalafus shalih, lebih spesifiknya adalah para shahabat, tabiin dan para tabiut tabiin," pungkasnya. [] Dewi Srimurtiningsih
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar