Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ustaz Abu Zaid: Keluarga Sakinah Bisa Nikmati Ramadhan Selamanya


Topswara.com -- Pengasuh Kajian Keluarga Samara Ustaz Abu Zaid mengatakan, keluarga sakinah bisa menikmati Ramadhan selamanya. 

“Sebagai keluarga Muslim, keluarga sakinah bisa menikmati Ramadhan selamanya," tuturnya dalam Kajian Keluarga SAMARA : Ramadhan Selamanya, Rabu (26/5/2021) di kanal YouTube Kaffah Channel.

Ia mengatakan, di bulan Syawal ini bagus kita ngobrol-ngobrol bagaimana agar puasa Ramadhan itu bisa kita pertahankan sampai Ramadhan berikutnya.
Karena Ramadhan bulan istimewa sehingga mudah untuk beramal shalih, berpuasa, shalat tarawih, shalat tahajud, membaca Al-Qur’an, kemudian melakukan sedekah.

“Begitu selesai bulan Ramadhan, di bulan Syawal kembali ke habitat awal. Seperti semula, ibadahnya asal jalan saja. Bahkan mungkin yang tadinya menjauhi perkara-perkara yang bisa menghapuskan pahala puasa misalnya menggunjing, begitu otomatis kayak kembali lagi,” terangnya.

Ia menyebutkan beberapa tips agar keluarga sakinah bisa menikmati Ramadhan selamanya.
 Pertama, Ramadhan adalah bulan latihan untuk menjadi orang bertakwa kepada Allah SWT sebagaimana niat yang sudah kita hapal dalam Al-Baqarah:183.

Kesuksesan Ramadhan bagi setiap Muslim adalah keberhasilan meningkatkan takwa kepada Allah SWT. Artinya ketakwaan kita setelah menjalani Ramadhan lebih baik dari sebelumnya itu yang disebut dengan sukses menjalani ibadahnya.

Kedua, definisi takwa itu adalah menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya. Berarti harus paham apa yang Allah perintahkan dan apa saja yang Allah larang. Kalau perintah dan larangan-Nya saja tidak mengerti, bagaimana menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya.

 Ketiga, di sinilah butuh riyadhah terus menerus. Mendekat perintah Allah, terus menerus menjauhi larangan Allah.

“Pasca Ramadhan berarti berusaha untuk menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya sebagai pribadi, aktivitas sehari-hari bersama keluarga,” pungkasnya. [] Alfia Purwanti
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar