Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UAH: Jangan Pernah Memakan Sesuatu yang Haram

Topswara.com -- Ulama Aswaja Ustaz Adi Hidayat (UAH) menyeru kepada kaum muslim jangan pernah memakan sesuatu yang haram, karena akan merusak dan berpengaruh kepada pembentukan sebuah karakter.

“Jangan pernah memakan sesuatu yang haram! Karena akan merusak dan berpengaruh kepada pembentukan sebuah karakter,” ungkapnya dalam Channel Youtube Adi Hidayat: Wahai Ayah, Nafkah Halal Adalah Terpenting, Rabu (3/1/2024).

UAH menyebutkan bahwa pada dasarnya manusia punya karakter lembut. Namun, kadang timbul pertanyaan mengapa tiba-tiba kata-katanya menjadi kasar, perilakunya keras? Maka, ia menjelaskan bahwa di dalam Nash Al Qur’an disebutkan sebanyak 35 kali dalam bentuk tunggal dan sekali dalam bentuk jamak kata Basyar, yakni proses penciptaan manusia terdiri dari 2 tahapan, fisik dan roh.

“Penciptaan manusia dibagi menjadi 2 tahapan, pertama fisik dan kedua adalah roh. Roh berasal dari Allah SWT dan membawa sifat-sifat yang baik yang disebut takwa. Sedangkan tahapan fisik membutuhkan proses yang didahului sebuah ikhtiar, maka sifatnya tidak sama dengan roh, yakni membawa sifat fujur,” jelasnya.

Sedangkan pembentukan sebuah karakter pada diri seseorang adalah gabungan dari sifat fisik dan roh. UAH mengatakan, jika takwa yang bening bercampur dengan fisik, yakni syubhat atau haram, maka akan bercampur dan menjadi kotor.

“Apa-apa yang dimasak dan dimakan oleh seseorang harus dipastikan halal. Jika syubhat atau haram, maka akan bercampur menjadi kotor, sehingga mempengaruhi karakter orang tersebut,” pungkasnya.[] Mustaqfiroh
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar