Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tiga Hadis Nabi terkait Palestina


Topswara.com -- Peneliti Raudhah Tsaqafiyyah Ajengan Yuana Ryan Tresna menyampaikan tentang tiga hadis Nabi yang relevan dengan Palestina saat ini. 

"Pertama, hadis tentang perlindungan darah dan harta," tuturnya di saluran Telegram pribadinya, Selasa, 7 November 2023.

Mengutip hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim Ajengan Yuana menjelaskan, "Sesungguhnya darah, harta dan kehormatan kalian haram seperti sucinya hari kalian ini di negeri kalian ini dan di bulan kalian ini. Beliau (Rasulullah SAW.) ulang beberapa kali. Kemudian Beliau berdoa, 'Ya Allah bukankah aku telah menyampaikan? Ya Allah bukankah aku telah menyampaikan?'." (HR Bukhari dan Muslim).

Kedua, hadis tentang persatuan dan kesatuan berdasarkan akidah. "Bukan atas dasar kesukuan dan nation state," ungkapnya.

Ia mengingatkan pada hadis riwayat Imam Ahmad yang menyatakan bahwa tidak ada keutamaan satu suku tertentu, kecuali karena ketakwaannya.

"Wahai manusia, ingatlah, Tuhan kalian satu. Bapak kalian juga satu. Ingatlah tidak ada keutamaan bagi orang Arab atas non-Arab, dan bagi orang non-Arab atas orang Arab, tidak bagi orang berkulit merah atas kulit hitam, dan bagi orang berkulit hitam atas kulit merah, kecuali ketakwaanya. (HR Ahmad)"

Ketiga, hadis tentang kewajiban adanya imam (Khalifah) sebagai perisai yang melindungi umat Islam. Lebih lanjut Ajengan Yuana mengatakan, khalifah akan menyelamatkan umat Islam di Palestina dan umat Islam di tempat lainnya

"Sesungguhnya Al-Imam (khalifah) itu (laksana) perisai, dimana (orang-orang) akan berperang di belakangnya (mendukung) dan berlindung (dari musuh) dengan (kekuasaan)nya. Jika seorang imam (Khalifah) memerintahkan supaya takwa kepada Allah ’Azza wa Jalla dan berlaku adil, maka dia (khalifah) mendapatkan pahala karenanya, dan jika dia memerintahkan selain itu, maka ia akan mendapatkan siksa." (HR Al-Bukhari, Muslim, An-Nasa’i, Abu Dawud, Ahmad)

"Semoga Allah berikan kemenangan kepada umat Islam, dan menyegerakan hadirnya khalifah yang akan menyelamatkan umat Islam di Palestina dan umat Islam di tempat lainnya," pungkasnya.[] Azizah Nur Fadhilah
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar