Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Masih Sering Ketinggalan Waktu Fajar? Ini Kata Ustaz Adi Hidayat


Topswara.com -- Dalam ceramahnya, Ustaz Adi Hidayat menjelaskan keutamaan waktu fajar. Waktu ini disebutkan dalam sumpah pada ayat Al-Qur'an dan menjadi salah satu waktu shalat fardhu yang ditetapkan.

"Dari sekian banyak perputaran waktu, fajar itu istimewa," ungkapnya dalam kajian di kanal YouTube resminya, Adi Hidayat Official, Senin (24/6/2023).

"Karena itu Allah panggil kita untuk bisa menunaikan shalat di waktu fajar," imbuhnya.

Ustaz muda bergelar doktor tersebut juga menjelaskan bahwa hakikat keutamaan waktu fajar bukan hanya terletak pada shalatnya saja. Ada banyak keistimewaan dalam fajar itu yang tidak ditemukan di waktu-waktu yang lain.

"Shalat di waktu fajar ini, sunahnya saja itu nilainya disebutkan Rasulullah ï·º lebih baik daripada dunia dan seisinya," jelasnya.

Ia menegaskan bahwa waktu ibadah ini sangat penting. Mempersiapkan diri untuk beribadah di waktu fajar ibarat orang yang mempersiapkan diri mengikuti pengajian atau acara yang dianggap sangat penting agar dapat datang lebih awal.

"Allah menyatakan fajar itu penting, jangan ditinggal. Saking pentingnya, ada di antara hamba-hamba Allah yang menyiapkan waktu fajar itu bangun dari sebelumnya," tuturnya.

Ulama lulusan Libya tersebut juga mengungkapkan adanya satu waktu singkat sebelum fajar yang disebut sahar. Pada waktu ini, orang-orang akan banyak beristighfar supaya hatinya lapang saat fajar tiba dan terkoneksi sempurna kepada Allah.

"Ada yang ketika sahar itu membiasakan hatinya supaya khusyuk. Sehingga saat shalat itu sudah terkoneksi kepada Allah dengan baik. Cara menyiapkannya dengan istighfar," ungkapnya.

Mengutip Al-Qur’an surah Ali Imran ayat 17, ia menerangkan keutamaan beribadah di waktu fajar dan memperbanyak istighfar di waktu sahar akan memperlancar rezeki dan beragam kebaikan lainnya.

"Kalau ingin dikuatkan kesabaran, diberikan rezeki sehingga bisa sering infak, ingin diberikan kemampuan, itu di antara amalannya menjelang waktu fajar," pungkasnya. [] Nurichsan
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar