Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Penyebab Perselingkuhan


Topswara.com -- Dunia hiburan Tanah Air dikejutkan dengan kabar perselingkuhan Virgoun, pencipta sekaligus penyanyi lagu Surat Cinta untuk Starla. Kabar itu dibocorkan langsung oleh istri Virgoun, Inara Idola Rusli.

Sejak beberapa hari belakangan, Inara Rusli secara aktif mengunggah bukti-bukti perselingkuhan yang dilakukan suaminya Virgoun bersama wanita yang diduga bernama Teten Anisa.

Hingga kini, kata kunci Virgoun, Selingkuh, dan Starla belum juga hilang dari kolom trending topic di Twitter. Bahkan ada yang mengaku bahwa dirinya semakin takut menikah usai melihat perselingkuhan Virgoun. Mengingat Inara Rusli dianggap sudah menjadi paket lengkap sebagai seorang istri.

"Spek bidadari surga kaya mommy starla aja diselingkuhin, lirik manisnya lagu Virgoun gak sesuai fakta. Makin takut gue nikah," tulis pemilik akun @m***a.(liputan6.com, 25/4/2023)

Fenomena perselingkuhan memang menjadi berita yang lumrah di sistem liberal saat ini. Sebenarnya yang salah adalah mindset kapitalisme sekularisme. 

Kapitalisme adalah pandangan hidup bahwa hidup di dunia itu harus mendapatkan kesenangan sebanyak-banyaknya sedangkan sekularisme adalah pemisahan agama dari kehidupan. Mindset ini bisa membuat para lelaki matanya jelalatan, sudah punya istri cantik masih juga melirik wanita lain.

Apalagi ada hiasan-hiasan dari setan. Hammam telah menceritakan kepada kami, dari Qatadah, dari Muwarriq, dari Abul Ahwash, dari Abdullah bin Masud radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,

        الْمَرْأَةُ عَوْرَةٌ، فَإِذَا خَرَجَتِ اسْتَشْرَفَهَا 
الشَّيْطَانُ

“Wanita adalah aurat. Apabila dia keluar rumah, setan terus memandanginya (untuk menghias-hiasinya dalam pandangan lelaki sehingga terjadilah fitnah).” (Dinyatakan sahih oleh al-Imam al-Albani rahimahullah dalam Shahih at-Tirmidzi, al-Misykat no. 3109, dan al-Irwa’ no. 273)

Sehingga terlihat rumput tetangga lebih hijau. Akhirnya kurang bersyukur dan tergoda dengan wanita lain sehingga terjadilah kasus perselingkuhan. Mindset kapitalisme sekularisme juga yang membuat seorang wanita berani menjalin hubungan terlarang dengan suami orang. Pokoknya kalau sudah terjangkiti mindset tersebut, maka halal dan haram menjadi tidak penting lagi, yang penting bisa hidup happy.

Adapun istri yang merasa dikecewakan dan sakit hati dengan mindset kapitalisme sekularisme juga akan menjadi istri yang kurang menjaga perasaan suami baik melalui kata-kata atau perilakunya. 

Bahkan seringkali melalaikan kewajiban karena merasa sudah tidak mencintai suaminya seperti dulu lagi. sehingga membuat suami gampang berpaling dan pergi. Akhirnya perceraian akan dipilih menjadi solusinya. Intinya pandangan hidup yang salah tadilah yang membuat kasus-kasus perselingkuhan seperti ini marak terjadi.

Mirisnya mindset yang salah tersebut dengan gampang menyerang manusia yang tidak paham Islam secara kaffah. Bagaimana tidak? Karena aktivitas mengkaji Islam bukan dipandang sebagai sesuatu yang penting. Banyak yang malas datang kajian.

Mau mengandalkan pendidikan agama yang ada di sekolah? Tentu saja itu tidak cukup untuk membentuk kepribadian Islam dalam diri manusia. Karena sistem pendidikan yang diterapkan saat ini basisnya adalah sekuler. Manusia bukannya diajari untuk taat, tetapi justru dibiasakan untuk memisahkan agama dari kehidupan. Maka tidak heran jika akhirnya manusia pada hobi berselingkuh.

Oleh karena itu, kita butuh negara yang bisa mengkondisikan warga negaranya agar menjadi manusia yang taat dengan syariat. Negara yang seperti itu tentunya negara yang menerapkan seluruh aturan Islam dalam mengatur kehidupan. Dalam fikih Islam, negara seperti ini disebut dengan istilah khilafah.

Khilafah akan menerapkan sistem pendidikan berbasis akidah Islam. Salah satu tujuannya adalah untuk membentuk generasi yang berkepribadian Islam. 

Generasi yang berkepribadian Islam itu bukan orang yang cara pandangnya kapitalis sekuler, namun generasi yang cara pandangnya Islami dan bisa mewujudkan cara pandangnya dalam bentuk tingkah laku yang Islami juga. Jadi tidak akan terlibat dalam kasus perselingkuhan karena Selingkuh Itu termasuk perilaku khianat.

Dalam kitab Al Mufradat halaman 305 dijelaskan definisi khianat, yaitu melanggar hak dan merusak perjanjian secara sembunyi-sembunyi. Allah SWT mengharamkan perilaku ini.

Dalam Al-Qur'an surah Yusuf ayat 52 Allah SWT berfirman,

"Allah tidak akan memberi hidayah terhadap tipu daya orang-orang yang berkhianat."

Selain itu, orang yang berselingkuh berarti telah menjalin hubungan terlarang dengan lawan jenis yang bukan mahramnya dengan kata lain itu adalah perzinahan.

Allah SWT berfirman,

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنٰىٓ اِنَّهٗ كَانَ فَاحِشَةً ۗوَسَاۤءَ سَبِيْلًا

"Dan janganlah kamu mendekati zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk."
(QS. Al-Isra: 32)

Agar kita tidak terjerumus dengan perbuatan hina yang merugikan dunia dan akhirat tersebut, maka mau tidak mau kita wajib mengkaji Islam secara kaffah dan tsaqafah izzah. Agar kita bisa memiliki cara pandang dan sikap yang benar dalam menjalani hidup.


Oleh: Nabila Zidane
(Analis Mutiara Umat Institute)
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar