Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Recover The Economy Revive The Society


Topswara.com -- Saat ini, ancaman resesi ekonomi telah menjadi pembahasan utama di berbagai forum diskusi. Hal ini menuntut pemikiran dan berbagai solusi alternatif agar ancaman permasalahan ini dapat dilalui dan diselesaikan dengan baik. 

Pemuda sebagai generasi calon pemimpin seharusnya dapat mengambil peran sebagai bagian dari problem solving, termasuk dalam permasalahan ekonomi ini. 

Untuk mewadahi peran strategis tersebut sekaligus meningkatkan kualitas pemuda yang berkarakter pemimpin, terutama aspek pengembangan intelectual stimulation, jiwa kreatif dan inovatif dalam kemampuan problem solving, OSIS SMAIT Insantama menyelenggarakan program Smart Teen Competition (SMENTION). Tema besar yang diusung tahun ini adalah ekonomi dengan tagline “Recover the Economy, Revive the Society”. 

SMENTION merupakan program multi-event tingkat Nasional, berbasis konsep transformational leadership, dengan ragam kompetisi mulai dari lomba debat, tahfidz, nasyid, desain poster, fotografi, short movie, essay, outbound, musabaqah qira’atil kutub, dan dipungkasi dengan seminar internasional yang akan mengasah kemampuan generasi muda dalam mengembangkan potensi mereka. 

Hari pertama SMENTION XII/2023 adalah  kegiatan multilomba yang diikuti  574 orang (dari 9 cabang dan 11 kategori lomba). Peserta tersebut berasal dari 94 institusi, dengan rincian 33 SMP sederajat, 57 SMA sederajat dan 4 perguruan tinggi. Situasi pasca-pandemi yang masih membayangi dunia tidak menghalangi keikutsertaan para remaja hingga mahasiswa dalam semangat meraih prestasi.

Sedangkan pada hari kedua program, akan diselenggarakan seminar internasional yang akan dihadiri oleh para finalis dari seluruh lomba dan khalayak umum dari berbagai wilayah, dengan 300 peserta yang turut hadir dalam perbincangan dunia ekonomi bersama empat pembicara, seperti: 

Pertama, Prof Dr. Kim Soo-il (Secretary-General of the Tourism Promotion Organization for Asia Pacific Cities dan Chair Professor at Daeshin University, Korea Selatan).

Kedua, Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, M.S. (Ketua Dewan Penasehat Kelautan dan Perikanan Kadin dan Ketua Umum Masyarakat Akuakultur Indonesia).

Ketiga, Dr. M. Rizal Taufikurrahman, M.Si. (Head for Centre of Macroeconomic and Finance INDEF).

Keempat, Iqrar Mimadzakira (Ketua Umum OSIS SMAIT Insantama). Satu narasumber dari Malayasia masih dalam konfirmasi. 

Sungguh beruntung peserta seminar, mereka mendapatkan ilmu dari para ahli yang berpengalaman serta studi banding terhadap pengalaman negara lain dalam menangani permasalahan yang sama. Kegiatan ini dibersamai dengan pengumuman pemenang lomba dan ditutup dengan ramah tamah.

Atas terselenggaranya kegiatan ini kami haturkan rasa terimakasih dan penghargaan yang tulus kepada Kemendikbud, Walikota Bogor, Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah II, FOSIS SMAIT Insantama dan Ikatan Alumni Insantama (IKATAMA), atas dukungan bagi kesuksesan dan penuh keberkahan pada kegiatan ini. Penghargaan yang dalam kami tujukan kepada para juri dan seluruh pihak yang telah membantu kesuksesan acara SMENTION ini.

Kami ucapkan terimakasih kepada para sponsor yaitu PT. Zoom I.T., EF, Nurul Fikri, Wardah, Gesindo, Superkue, Alanabi, Samyang Green, Good Day, Hydrococo, HiC1000, Cleo, Nestle Pure Life, Fast First dan Sehati Grafika. 

Begitu juga kepada para Media Partner yaitu Media Radar, SCTV, Tempo, @eventapaaja, @updatelomba.id, @seputar.infoid, @infolomba, EventRuangLomba Collab, Lomba Nasional, Informasi Lomba, Mading Event, Media Event, Pusat Lomba.id, Info Event, Info Olimpiade, Event Pelajar, yang telah  mendukung kesuksesan acara SMENTION tahun ini. 

Dari SMENTION 2023 ini diharapkan dapat menghasilkan generasi muda yang memiliki kemampuan ilmiah, kreatif, inovatif, kritis, dan solutif serta menumbuhkan kepedulian terhadap permasalahan perekonomian di dunia ini. Tidak hanya itu acara ini juga mengarahkan para peserta dalam menjalin tali persaudaraan.


Bogor, 25 Februari 2023

OSIS SMAIT Insantama Bogor
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar