Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tragedi Kanjuruhan: Antara Fanatisme dan Represifitas


Topswara.com -- Sungguh tragis. Peristiwa memilukan terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10/2022) malam. Bertajuk Derby Jatim antara Arema FC dan Persebaya Surabaya menyisakan duka yang mendalam, lebih dari 130 korban meninggal dunia akibat kerusuhan di dalam stadion ‘kandang’ Arema. Bagi Aremania, kalah di Kanjuruhan merupakan pertaruhan harga diri, mengingat kedua klub dan suporter dari keduanya sangat kental dengan aroma rivalitas yang tinggi.

Dalam dunia sepakbola, kecintaan terhadap klub kesayangan dinilai sebagai harga diri. Bahkan ada yang menyebutkan klub sepakbola adalah agama kedua bagi mereka yang sangat membela dan mendukung timnya. Sehingga bila tim tercintanya dihina, diremehkan, atau bahkan sampai kalah dengan rivalnya di kandang sendiri, maka itu sangat mengecewakan. Oleh karena itu, hal ini dinilai oleh publik sebagai fanatisme golongan. 

Fanatisme merupakan kata yang berasal dari bahasa Latin fanaticus, yang memiliki arti amarah atau gangguan jiwa. Hal tersebut merupakan gambaran bahwa amarah yang terdapat dari seseorang yang fanatisme merupakan luapan karena tidak memiliki paham yang sama dengan orang lain. Sehingga fanatisme dapat diartikan paham atau perilaku yang menunjukkan ketertarikan terhadap sesuatu secara berlebihan. Bahkan K.H. Ahmad Dahlan pernah mengatakan bahwa kita boleh punya prinsip, asal jangan fanatik/fanatisme, karena fanatik adalah ciri orang bodoh. Naudzu billaahi min dzaalik.

Dengan demikian, kerusuhan yang terjadi di Kanjuruhan adalah potret buruk fanatisme golongan, yang sudah berulang terjadi. Kali ini adalah yang paling parah. Karena tragedi ini menjadi peristiwa tragis kedua dalam dunia sepakbola setelah tragedi di Lima, Peru saat Argentina bertamu ke Stadion Nasional Lima 24 Mei 1964 pada kualifikasi Olimpiade Tokyo. Sebanyak 328 nyawa melayang akibat sesak nafas karena gas airmata, hampir sama dengan yang terjadi di Malang.

Kasus kerusuhan suporter sepak bola seperti ini sudah berulang kali terjadi. Berulangnya kerusuhan dalam pertandingan sepak bola seolah menunjukkan pembiaran negara atas hal ini. Hal ini dinilai masyarakat demikian karena hingga kini, negara tak memberikan sanksi efek jera terhadap para suporter yang melakukan kerusuhan.

Di sisi lain, tragedi ini menunjukkan tindakan represif aparat dalam menangani kerusuhan yang terjadi.  Hal ini nampak pada penggunaan gas air mata, yang sejatinya dilarang penggunaannya dalam pertandingan sepak bola dan juga dalam stadion. Gas air mata tersebut tak akan digunakan jika memang tidak dipersiapkan sebelumnya. Di sinilah letak represifnya aparat dalam mengatasi persoalan yang dihadapi. 

Sebetulnya, tragedi ini tak akan terjadi ketika fanatisme tak menjadi acuan dan aparat bertindak tepat dalam mengatasi persoalan. Namun itulah potret buruk sistem pemerintahan kapitalisme-sekularisme yang diampu negeri ini. Sistem ini menumbuhsuburkan fanatisme golongan yang sempit dan membuat sempit masyarakat. Selain itu juga sistem ini membuat represifnya umat dalam menghadapi persoalan, termasuk aparat negeri ini.

Wallaahu a'lam bishshawaab


Oleh: Asti Marlanti
(Aktivis Muslimah)
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar