Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Akupunktur Atasi Penuaan Dini


Topswara.com -- Dewasa ini berpenampilan menarik menjadi idaman setiap orang. Penampilan menarik banyak dikaitkan dengan status edukasi, strata sosial, pekerjaan yang baik. Ini memotivasi untuk senantiasa menjaga penampilan tetap sehat dan percaya diri. Pun sebisa mungkin menjaga agar proses penuaan berjalan lambat.

Proses penuaan merupakan kondisi yang tidak dapat dihindari oleh seseorang baik laki-laki atau perempuan. Proses penuaan akan terjadi sejak lahir dan terus berlangsung sepanjang hidup. 

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat dalam menjaga penampilan, bervariasinya kebutuhan dan kondisi tiap individu, serta beragamnya efek samping yang dapat ditimbulkan dari intervensi paparan topical kimiawi maka menuntut upaya terus-menerus dalam mengembangkan teknik peremajaan kulit demi mencegah proses penuaan berjalan dengan lambat, aman, dan tanpa efek samping. 

Penuaan terjadi pada seluruh organ tidak terkecuali kulit. Kulit sebagai organ tubuh paling besar menunjukkan kerut sebagai tanda penuaan yang jelas terlihat dan sangat menentukan penampilan seseorang. 

Faktor penyebab penuaan kulit dibagi menjadi dua, yaitu faktor intrinsik seperti emosi, kejiwaan, dan ekstrinsik seperti rokok, polusi, gaya hidup, paparan sinar UV, penyakit metabolik. 

Penuaan kulit ditandai dengan penurunan elastisitas kulit dimulai sejak usia 30 tahun dan pada usia di atas 50 tahun mulai terjadi percepatan penuaan kulit. Secara histologis didapatkan fragmentasi dan penurunan jumlah kolagen pada wanita berusia di atas 50 tahun lebih cepat dibandingkan usia di bawahnya.

Kolagen merupakan substansi utama pada extracellular matrix (ECM) dermis yang berfungsi mempertahankan struktur kulit dan elastisitas kulit, sedangkan fibroblas merupakan sel utama pada lapisan dermis yang bertanggung jawab untuk sintesis kolagen dan protein ECM.

Akupunktur wajah merupakan salah satu intervensi peremajaan kulit yang dewasa ini semakin banyak dikenal. Akupunktur berperan mencegah penuaan melalui mekanisme antiinflamasi, pencegahan degradasi kolagen, peningkatan produksi kolagen, kerutan, sirkulasi darah wajah, reduksi ukuran wajah, perbaikan kondisi kulit, dan efek anti-aging.


Oleh: Syam Purwaningsih, A.Md.Akup., S.Pt.
(Owner Rumah Bekam dan Akupunktur Muslimah)
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar