Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Sembelit? Atasi dengan Akupunktur


Topswara.com -- Sembelit atau disebut konstipasi adalah kondisi seseorang yang kesulitan melakukan buang air besar atau defekasi. Sembelit adalah perubahan frekuensi dan konsistensi defekasi kurang tiga kali perminggu dan konsistensi tinja lebih keras dari biasanya. 

Penyebab konstipasi adalah kelainan gastrointestinal. Gejalanya meliputi penurunan motilitas/gerakan usus,  kekurangan cairan sehingga tinja mengeras. Kemudian energi untuk mengejan kurang sehingga feses sulit keluar, penurunan keinginan untuk buang air besar, dan ketidaknyamanan di perut hingga menimbulkan masalah fisik dan mental.

Pada kasus pasien terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas, kurang serat menjadikan akumulasi panas di lambung sehingga lambung tidak mampu mengolah makanan. Akibatnya terjadi penumpukan makanan di lambung menjadikan limpa lembab, biasanya ditandai lidah gemuk ada cetak gigi. Kekurangan Jinye pada lambung dan usus besar berakibat kelembaban usus besar berkurang sehingga feses menjadi kering.

Sembelit bisa diatasi dengan akupunktur. Akupunktur sebagai salah satu modalitas terapi terbukti efektif dalam memperbaiki gejala konstipasi tanpa efek samping, tidak membutuhkan biaya yang besar, serta efektivitasnya setara dengan obat-obatan laksatif dan prokinetik. Titik akupunktur pada meridian yangming tangan seperti titik Hegu, Quchi, dan meridian CV aeperti titik Qihai serta titik Mu Shu Tianshu Dachangshu membantu keluhan sembelit atau konstipasi.


Oleh: Syam Purwaningsih, A.Md.Akup., S.Pt., 
(Owner Rumah Bekam dan Akupunktur Muslimah)

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar