Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Untuk Mengubah Keadaan Umat, Prof. Fahmi Amhar: Kita Perlu Banyak Polymath


Topswara.com-- Cendekiawan Muslim Prof. Dr. Ing. Fahmi Amhar menuturkan saat ini kita perlu banyak polymath untuk mengubah keadaan umat.

“Kita perlu polymath. Bahkan banyak polymath,” tuturnya dalam acara Kajian Sains Islam Prof. Dr-Ing Fahmi Amhar: Mencetak Polymath Zaman Now? Ahad (1/8/2021) di kanal YouTube Peradaban Islam ID.

Prof. Fahmi mengatakan umat akan berubah kalau umat berkonsentrasi dalam hal-hal yang mengubah umat. “Umat sekarang terpuruk. Kalau mau bangkit harus berubah,” ujarnya. 

Menurutnya, banyak sekali keadaan umat yang harus diubah secara simultan. “Untuk itulah kita harus bersinergi, harus berjamaah atau berkolaborasi,” ungkapnya.

“Ada yang harus diubah di bidang pemurnian akidah, di bidang penggalakan shalat berjamaah, pendidikan, akhlakul karimah, pemberdayaan ekonomi, pembentukan keluarga sakinah, teknologi tepat guna atau juga amar maruf nahi munkar,” jelasnya.

Namun, menurut Prof. Fahmi semua itu tidak bisa dilakukan sendirian. “Perlu disadari bahwa umat ini tidak akan berubah bila hukum-hukum yang berlaku pada umat masih warisan penjajah, dibuat dengan cara-cara jahiliyah, baik itu klenik, ditaktor ataupun demokrasi sekuler. Karena itu harus ada yang fokus mengganti hukum-hukum jahiliyah ini dengan syariah yang kaffah,” bebernya.

Menurutnya, harus ada yang fokus pada persatuan umat. “Tidak hanya di satu negeri, tapi global di seluruh dunia. Persatuan seperti ini hanya pernah terwujud dan akan terwujud kembali seperti dulu ketika masih ada institusi bernama Daulah Khilafah," pungkasnya [] Achmad Mu’it
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar