Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UIJ: Nikah karena Jaga Kehormatan Diri, Allah Beri Jaminan Rezeki dan Pertolongan


Topswara.com -- Berbicara terkait tiga golongan yang berhak mendapat pertolongan Allah SWT, Pakar Parenting Ustaz Iwan Januar menyebutkan di antaranya adalah orang yang menikah karena ingin menjaga kehormatan diri.

"Orang yang menikah karena ingin menjaga kehormatan diri, sesungguhnya Allah (akan) memberikan jaminan rezeki, perlindungan dan pertolongan," ujarnya dalam tayangan bertajuk Bersegeralah Menikah di kanal YouTube Cinta Quran TV, Kamis (27/7/2017).

Ia menyebutkan bagi laki-laki dan perempuan yang menikah dengan dorongan menjaga kehormatan dirinya berhak mendapatkan pertolongan Allah SWT. 

"(Mereka) itu berhak mendapat pertolongan dari Allah SWT," imbuhnya.

Menurutnya, banyak laki-laki yang sudah mapan, punya kehidupan, punya tempat tinggal, bahkan punya kendaraan, tapi masih juga menunda pernikahan. Ia mengungkapkan, alasan yang sering muncul adalah belum siap.

"Apanya yang belum siap? Belum siap mentalnya? Sementara Anda sudah masuk usia dewasa. Bahkan, sudah menjelang 30 (tahun). Belum siap nafkah? Anda sudah bekerja. Apakah anda lupa bahwasannya Allah Ar-Razaq, Pemberi Rezeki," bebernya.

Kemudian, Muslimah yang menunda pernikahan dengan alasan ingin fokus pada studi, ia berpandangan, justru akan mempersulit diri para Muslimah.

"Seperti kata iklan biar saya S2 dulu sehingga seimbang. MasyaAllah. Ini alasan mengada-ada dan malah akan mempersulit diri anda para Muslimah," tegasnya.

Menurutnya, buat seorang wanita ketika usianya bertambah, bukan berarti semakin mudah mendapatkan pasangan. Karena, ia temui, justru sebaliknya. 

"Lagi pula wanita itu masa reproduksinya dibatasi oleh Allah. Ada masa menopause. Yang dia tidak bisa lagi hamil dan melahirkan," ungkapnya.

Bila para muslimah menunda pernikahan dengan pertimbangan ingin fokus kuliah, ia mempertanyakan, akan sampai kapan.

"S2, S3? Setelah S3 mau kuliah lagi pascadoctoral? Kapan kalau begitu anda menikah? Dan apakah kalau misalnya anda sudah menikah anda nggak bisa kuliah? Bisa kuliah," ungkapnya.

Ia mengatakan laki-laki juga sama bila sudah jadi bapak tetap masih bisa kuliah.

"Bapak-bapak muda yang mereka kuliah. Bahkan bapak-bapak yang sudah paruh baya pun masih bisa kuliah lagi dan tidak ada persoalan," tuturnya.

Ia mengingatkan, pemuda-pemudi yang masih punya pemikiran menunda pernikahan sebuah pesan dari baginda Rasul Muhammad SAW. 

"Wahai para pemuda siapa di antara kalian sudah sampai tingkatan punya kemampuan menikah, maka segeralah menikah," terangnya.

Ia menjelaskan, bila khawatir calon istri yang  dinikahi tidak baik-baik, maka bisa  konsultasi dengan orang yang  dipercaya. Selain itu, menanyakan bagaimana kondisi perempuan tadi.

"Anda yang Muslimah juga bisa tanya bagaimana calon laki-laki yang melamar 
saya itu. Lalu istikharah minta pada Allah. Akan diberikan petunjuk yang benar mana pasangan suami dan istri yang layak. Dan baik dunia akhirat untuk kita," jelasnya.

Ia menambahkan, Allah akan memberikan jaminan bagi yang menikah dengan dorongan menjaga kehormatan dirinya. Sehingga, tidak ada alasan untuk menunda pernikahan.

"Jadi tidak ada alasan untuk menunda pernikahan. Karena sesungguhnya Allah memberikan jaminan riski, perlindungan dan pertolongan, bagi laki-laki dan perempuan yang menikah dengan dorongan menjaga kehormatan dirinya," pungkasnya.[] Enggo Transinus
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar