Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tip Mendidik Anak Perempuan

TopSwara.com--Konsultan dan Trainer Keluarga Sakinah, Ustazah Dedeh Wahidah menjelaskan cara mendidik anak perempuan.

"Cara mendidik anak perempuan agar menjadi wanita yang berkepribadian Islam dan bisa menjalankan perannya. Orang tua harus memberikan hak-hak kepada anak perempuannya meliputi, hak nafkah, hak pendidikan, hak pendampingan sehingga ketika dia dewasa dia akan lahir menjadi sosok Muslimah yang berkepribadian Islam dan menjalankan perannya," paparnya dalam rubrik Tsaqafah Islam (keluarga): Mendidik Anak Perempuan, di YouTube MMC, Ahad (12/02/2023). 

Kemudian ia menguraikan bahwa seorang anak perempuan yang memiliki kepribadian Islam dia akan mejadi Ibu pendidik, pengatur rumah tangga, istri shalihah, dan berkontribusi dalam dakwah. 

"Lalu seperti apa pendidikan yang harus orang tua lakukan? Pertama, orang tua harus mendidik anak perempuannya dengan akidah yang kuat sehingga bisa menghasilkan idrak sillah billah (hubungan dengan Allah)," ujarnya. 

Kedua, orang tua harusnya mengokohkan pemikiran tentang hakikat seorang perempuan. Bahwasanya menjadi perempuan itu merupakan _qadha_ dari Allah. 

"Kemudian yang ketiga, orang tua mendidik anak- anak perempuan terkait hukum-hukum seputar peran dan fungsi seorang putri," bebernya. 

Menurutnya, selain ilmu yang diberikan kepada anak-anak perempuan, orang tua juga harus melatihnya agar mereka memiliki skill atau keahlian. Maka, untuk melatih itu semua, orang tua harus sering melakukan pelatihan. 

"Bagaimana menjadi seorang ibu yang terampil menyajikan makanan empat sehat lima sempurna, skill mendidik anak, mengurus suami, dan melakukan dakwah," tuturnya. 

"Tentu agar anak terlatih skill dakwahnya, orang tua harus melibatkan anak perempuan dalam komunitas dakwah dan didorong agar anak memiliki pengalaman dalam dakwah," jelasnya. 

Sebagai penutup ia mendoakan, semoga semua orang tua mampu mengantarkan putri-putrinya menjadi Muslimah yang shwlihah, pengemban dakwah yang tangguh dan semoga para orang tua dikaruniai putri yang siap melanjutkan estafet perjuangan sebagai istri, ibu pendidik, dan pengemban dakwah.[] Emmy
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar