Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pemuda Berjiwa Pahlawan dan Miliki Spirit Perjuangan demi Kebangkitan Umat


Topswara.com -- Dalam momentum Hari Pahlawan, Direktur Siyasah Institute Ustaz Iwan Januar mengatakan, yang bisa membangkitkan umat adalah pemuda memiliki jiwa pahlawan dan spirit perjuangan Islam

"Yang bisa menyelamatkan dan membangkitkan umat ini adalah para pemuda yang mereka punya jiwa kepahlawanan dan spirit perjuangan Islam," ungkapnya dalam live Jendela Keluarga Muslim, Jumat, (11/11/2022) di kanal YouTube Peradaban Islam ID.

Ustaz Iwan menilai bahwa akan hancur kehidupan umat Islam apabila di dalamnya tidak ada pemuda yang memiliki spirit kepahlawanan. 

"Kaum Muslimin ketika di dalamnya itu tidak ada pemuda yang jiwanya pahlawan, maka akan terpuruk kaum Muslim dan juga generasi," sambungnya. 

Ia mengatakan, negeri ini memiliki jasa pahlawan Muslim yang sangat besar dalam mempertahankan kemerdekaan. 

"Kalau kita bicara kepahlawanan di tanah air maka tidak lepas dari para kaum Muslimin sangat besar sekali jumlah pahlawan yang mereka datang dari rahim kaum Muslimin," ujarnya.

"Jadi boleh dibilang negeri ini punya utang sangat besar, jasa, dan saham sangat besar dari umat Muslim dalam memerdekakan dan mempertahankan tanah air ini," lanjutnya. 

Ia menyampaikan, sepanjang sejarah kaum Muslim tidak pernah diam dari berbagai bentuk penjajahan asing. 

"Tidak ada satu pun negeri Muslim yang di mana rakyatnya dijajah melainkan mereka melakukan perlawanan melawan fasisme Italia dan menggelorakan perlawanan terhadap para kolonial asing" terangnya. 

Ia menyayangkan, kondisi generasi muda hari ini sangat jauh dari mental dan semangat kepahlawanan. 

"Yang kita prihatinkan hari ini jiwa kepahlawanan itu sangat tipis sekali, sangat berkurang sekali dalam diri anak generasi muda kita," sebutnya. 

Ia mengingatkan, seharusnya kehidupan para pemuda itu adalah dengan ilmu dan takwa bukan dengan senang-senang mencari kepuasan pribadi kepentingan dan prestasi pribadi tanpa memikirkan kehidupan mereka dan kehidupan umat. 

Ia pun menegaskan, pemuda yang tidak memiliki semangat jihad perjuangan Islam maka kehidupannya itu tidak berguna. 

"Pemuda kalau dia tidak punya ruhul jihad maka matinya itu lebih baik dibandingkan dengan hidupnya," pungkasnya. [] Najwa Alifah
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar