Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Konsultan dan Trainer Keluarga Sakinah Beberkan Penyebab Fatherless


Topswara.com -- Konsultan dan Trainer Keluarga Sakinah, Ustazah Dedeh Wahidah Achmad membeberkan tiga penyebab terjadinya fenomena fatherless.

"Setidaknya ada tiga poin yang menyebabkan terjadinya fenomena fatherless dalam keluarga masa kini," ulasnya dalam Tsaqafah Islam bertajuk Dampak Fatherless terhadap Tumbuh Kembang Anak, di kanal YouTube Muslimah Media Center (MMC), Ahad (13/10/2022).

Yang pertama, menurutnya karena seorang ayah tidak memahami tentang tanggung jawabnya sebagai bapak. Ia hanya merasa bertanggung jawab mencari rezeki untuk memenuhi kebutuhan anak istrinya.

"Kedua, cengkeraman kapitalisme sekularisme telah membuat kehidupan sulit. Sehingga acapkali ayah sudah kehabisan energi mencari nafkah demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari keluarganya," katanya.

Ia menjelaskan, aturan kapitalisme yang melahirkan berbagai kesulitan hidup seperti subsidi dicabut. Rakyat harus memenuhi berbagai kebutuhan hidup sendiri misalkan biaya pendidikan, kesehatan, dan keamanan harus dibayar oleh dirinya sendiri padahal itu adalah kewajiban negara. Kemudian beban nafkah keluarga menjadi berat.

"Karena ini masalah sistemik maka tidak bisa diselesaikan oleh individu karena dihadapi banyak keluarga. Maka dari itu harus mengganti sistem yang sudah melahirkan kesulitan hidup yakni kapitalisme sekularisme dengan sistem kehidupan Islam yang memastikan fungsi bapak dengan optimal dan mudah yaitu ketika Islam diterapkan secara kaffah," bebernya.

"Ketiga, ayah kurang memiliki kemampuan. Maka dengan demikian, ayah harus mau belajar, upgrade diri, bagaimana bisa berkomunikasi dan mendidik anak, dan komitmen menyediakan waktu khusus untuk mendidik anak," katanya.

Maka menurutnya, ketika ada yang mau menikah, negara harus memastikan kesiapan ekonomi, ilmu, mental, dan lainnya. 

"Sehingga bukan sekadar menikah tetapi harus siap juga untuk menjalankan fungsinya sebagai ayah sekaligus sebagai orang tua," tutupnya. [] Nurmilati
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar