Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Akupunktur untuk Tic Facialis


Topswara.com -- Tic facialis atau istilah awamnya “kedutan” adalah gerakan motorik tiba-tiba, berulang, dan tidak ritmik, yang terjadi pada bagian wajah, pipi, mulut atau kelopak mata. Gejala umumnya ialah gerakan berupa wajah yang berkedut, meringis atau mata yang berkedip-kedip. Tic biasanya diperburuk oleh stres, kemarahan, kegembiraan, dan dapat dikurangi dengan relaksasi dan tidur.

Tic Facialis juga disebut sebagai kejang saraf yang terjadi pada wajah. Penyebabnya adalah ketidakseimbangan penghambatan pada ganglia basal yang mengakibatkan munculnya stimulasi berlebihan pada gugus saraf tertentu. Termasuk dalam golongan movement disorders dengan adanya kontraksi involunter otot wajah yang dipersarafi oleh saraf VII (N.fasialis), yang gerakannya bersifat setempat pada otot tertentu, sejenak, namun berkali. 

Secara tradisional chinese medicine (TCM),  penyakit ini disebabkan oleh emosi yang tertekan dan serangan patogen angin dingin yang dapat menyebabkan kurangnya pasokan nutrisi pada wajah. Efek dari patogen angin dingin dapat menimbulkan gerakan berulang-ulang pada wajah yaitu kedipan mata yang terjadi secara involunter. 

Terapi akupunktur dengan titik meridian Yangming tangan dapat membantu mengurangi keluhan pada pasien tic facialis. Demikian kegunaan akupuntur untuk penderita kedutan.


Oleh: Syam Purwaningsih, A.Md.Akup., S.Pt.
(Owner Rumah Bekam dan Akupunktur Muslimah)

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar