Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Di Bawah Kekuasaan Islam Palestina Damai Selama 730 Tahun



TopSwara.com -- Sejarawan Muda Nicko Pandawa beberkan fakta kondisi Palestina di bawah kekuasaan Islam.

"Berarti kekuasaan Islam itu stabil di Palestina selama 730 tahun. Tujuh abad itu bukan angka yang sebentar. Bukan hitungan tahun yang bisa dihitung dengan jari. Itu lama sekali dan damai luar biasa di bawah Islam," bebernya dalam acara Awal Mula Zionis Yahudi Masuk ke Palestina, Jumat (03/11/2023), di YouTube Cerita JKdN.

Hitungan 730 tahun didapatkan oleh Nicko dari futuhat Shalahuddin Al Ayyubi tahun 1187 hingga tahun 1917 ketika dilaksanakan perjanjian Balfour.

"Maka, kalau kita mendengar berita pasca Shalahuddin Al Ayyubi melakukan futuhat ke Al-Quds itu enggak ada yang rame-rame lagi di al quds karena sudah fine. Kondisi sudah baik-baik saja dibawah kekuasaan Islam," cerca dia.

Ia mengungkap sejarah Al-Quds pasca futuhat Shalahuddin Al Ayyubi, negeri itu menjadi berfungsi seperti sedia kala. Di mana di sana menjadi tempat keilmuan, tempat yang banyak dikunjungi oleh kaum Muslim.

"Karena Rasulullah SAW bersabda:

قَالَ لَا تُشَدُّ الرّحَالُ إِلا إِلَى ثَلَاثَةِ مَسَاجِدَ، هَذَا وَالْمَسْجِدِ الْحَرَامِ وَالْمَسْجِدِ الْأَقْصَى

Artinya:

'Tidak boleh menggemarkan perjalanan, kecuali ke tiga masjid, yaitu masjidku ini (Masjid Nabawi), Masjid Al haram, Masjid Al-aqsa. (HR Bukhari & Muslim, dari Abu Hurairah),'" kutipnya.

Selama 730 tahun di bawah kekuasaan Islam, terangnya, Palestina damai-damai saja. Mengulangi apa yang dilakukan oleh Umar dan generasi setelahnya. Di mana Palestina diberikan keleluasaan untuk semua agama. "Orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan tentunya orang Islam itu mempunyai tempat dan bahkan pemukiman di Palestina itu sendiri," bebernya.

Nicko kemudian menyinggung perihal mengapa generasi sekarang dan generasi yang lahir di tahun 1950-1960 mereka sudah familiar dengan berita bahwa Palestina itu terjajah, Palestina itu tidak baik-baik saja.

"Itu kalau kita lihat dari Perjanjian Balfour yang memberikan tanah Palestina ke orang-orang Zionis tahun 1917 sampai tahun 2023 sekarang.

"Seratus enam tahun Palestina sekarang ada di keteknya Yahudi," tegas Bung Nicko.

Dia membandingkan 106 tahun Palestina di bawah Yahudi dengan 730 tahun Palestina di bawah kekuasaan Islam.

"Ini tentu perbandingan yang sangat tidak seimbang baik dari segi waktu maupun kualitas," pungkasnya.[] Heni
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar