Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tips Tetap Ikhlas Merawat Orang Tua Lansia


Topswara.com -- Berbakti kepada orang tua hukumnya wajib. Merawatnya ketika mereka sudah tua merupakan salah satu bentuk berbakti. Hanya saja semakin tua, sikap dan tindakan orang tua tak jarang menjadi mirip anak balita. Berikut salah satu kiat yang dapat dilakukan agar tetap ikhlas bila diamanahi Allah merawatnya. 

Pertama, ingatlah bahwa waktu kita kecil, dulu orang tua biasa membersihkan tinja dan air kencing kita. Meski siang mereka lelah dan malam mereka mengantuk tetap saja dibersihkan dengan senang hati. Maka, bila sekarang kita harus membersihkan tinja dan air kencingnya, itu wajar saja. 

Meski pun sebenarnya bobotnya tetap lebih besar jasa orang tua ketika merawat kita. Karena dulu orang tua merawat kita, tanpa kita pernah berjasa kepada mereka. Tetapi kita sekarang merawat orang tua, setelah sudah jelas jasa-jasa orang tua kepada kita. Dengan merenungkan ini, semestinya kita bisa lebih ikhlas.

Kedua, rawat kedua orang tua dengan penuh kerelaan seberat apa pun  pengorbanan yang harus kita lakukan dan jangan pernah merasa pengorbanan tersebut sudah mencukupi untuk membalas budi. 
  
“Tidak! Bahkan apa yang engkau lakukan tersebut belumlah mampu menebus satu hela nafas ibumu di kala ia sedang melahirkanmu!” ungkap shahabat Abdullah bin Umar ra. kepada seorang pemuda yang berjalan susah payah menggendong ibunya dari Yaman untuk ibadah haji ketika bertanya apakah baktinya itu dapat membalas semua jasa ibunya. Dengan merenungkan ini, kita mesti bisa lebih ikhlas lagi.

Ketiga, bila kita kesal, karena kita menganggap permintaannya mengganggu aktivitas amal shalih kita, ingatlah ridha Allah SWT ada pada ridha kedua orang tua. Jadi ‘percuma’ kita melakukan amal shalih lainnya, bila kita membantah orang tua sehingga membuat mereka tidak ridha. Keikhlasan kita benar-benar diuji. 

Maka turutilah segala permintaannya selama tidak mengajak bermaksiat kepada Allah SWT dan usahakan tunda pekerjaan lainnya yang dapat ditunda bila bentrok dengan pelayanan terhadap orang tua. Bila tidak dapat ditunda, maka berilah pengertian kepada orang tua dengan lemah lembuh dan penuh kasih sayang dengan mengatakan insyaallah permintaannya akan dipenuhi segera setelah menyelesaikan hal yang satu ini. Setelah perkara itu selesai, segera tunaikan kewajiban kepada orang tua tersebut. 

Semoga, ketiga tips di atas dapat membantu dan bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.[] 

Oleh: Joko Prasetyo (Jurnalis)

Dimuat pada rubrik TIPS Newsletter Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) edisi 105 (November 2020).
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar