Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Solusi Tuntas Islam dalam Menyelesaikan Narkoba

Topswara.com -- Peredaran narkoba masih belum bisa dituntaskan, malah faktanya semakin meresahkan. Padahal upaya pemberantasan narkoba sudah dilakukan sejak Indonesia merdeka. Para pengedarnya semakin cerdik mengelabui petugas. Kondisi terakhir, ditemukan bahwa sindikat pengedar tersebut menyembunyikan narkoba dalam bungkus makanan. (wartaekonomi.co.id).(24/5/2024).

Peredaran narkoba ternyata tidak pernah usai. Sayangnya, yang ditangkap hanya skala kecil, baik pemakai maupun bandarnya. Padahal di Indonesia sudah ada BNN yang bertugas untuk menanganinya. 

Hal ini juga menggambarkan betapa narkoba sudah menggurita dan merajalela di negara kita. Negara ternyata kalah dalam melawan narkoba. Hal ini disebabkan karena lemahnya sistem sanksi. Sanksi yang diberikan selama ini terbukti masih belum mampu membuat jera para pelaku.

Kita sebagai seorang muslim, sudah seharusnya untuk menjadikan Islam sebagai pedoman kehidupan. Karena datang dari Al Khaliq, aturan Islam sangat lengkap dan sempurna. Tidak hanya sekedar mengatur masalah ibadah ritual, Islam juga mengatur hubungan sosial masyarakat. 

Islam menetapkan bahwa narkoba haram hukumnya. Berdasarkan Al-Qur'an surat Al Baqarah ayat 219, bahwa Islam mengharamkan khamr. Meskipun narkoba ini adalah masalah baru, namun bahayanya mirip khamr karena bisa merusak akal pikiran dan jiwa manusia. 

Dalam Islam, negara harus mampu memberantas tuntas narkoba, dengan dukungan 3 pilar yaitu individu, masyarakat, dan negara. Ketakwaan individu akan mencegah seseorang untuk melanggar segala sesuatu yang sudah diharamkan. 

Kontrol dari masyarakat juga sangat diperlukan, supaya ketika terjadi peredaran narkoba bisa langsung dilaporkan ke petugas yang berwenang. Negara harus memberikan sanksi yang tegas, yang bisa memberikan efek jera bagi para pelakunya.

Sistem pendidikan Islam sangat diperlukan dalam memberantas narkoba, sebagaimana juga pentingnya sistem sanksi oleh negara. Pendidikan Islam membentuk karakter anak yang memiliki kepribadian Islam, baik dalam pola pikir maupun pola sikapnya. 

Anak shalih seperti ini akan memiliki rasa takut yang sangat besar terhadap Allah SWT. Hal ini sudah dibuktikan, dalam Sirah Nabawiyah digambarkan betapa cemerlangnya kualitas anak muda hasil didikan Rasulullah SAW dan para sahabatnya. Mereka jauh dari khamr atau benda apapun yang bisa merusak akal pikiran, termasuk narkoba.

Di samping itu, sistem ekonomi Islam akan mampu menjamin kesejahteraan rakyatperedaran narkoba karena sisi kemiskinan. Banyak kasus terungkap bahwa salah satu penyebab merajalelanya narkoba adalah karena adanya faktor kemiskinan. 

Di masa sekarang, orang bisa menghalalkan berbagai macam cara untuk mendapatkan uang, termasuk mengedarkan sehingga dapat memutus mata rantai narkoba. 

Islam mewajibkan semua sumber daya alam dikelola sendiri oleh negara, sehingga hasilnya bisa untuk biaya pendidikan dan kesehatan rakyat. Islam melarang SDA dikelola oleh swasta, yang hanya menjadikan profit perusahaan sebagai tujuannya. 

Demikianlah, Islam menyelesaikan masalah peredaran narkoba ini secara tersistem. Sistem Islam ini bukan hanya sekedar khayalan, tapi sudah dicontohkan oleh Rasulullah SAW.


Oleh: Dhevi F Firdausi, ST.
Aktivis Muslimah 
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar