Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Bahagiamu Akan Penuh, jika Tidak Banyak Mengeluh


Topswara.com -- Sobat. Jangan keluhkan kesusahan yang menimpamu kepada siapa pun, baik kawan maupun lawan. Jangan salahkan Tuhan atas semua takdir-Nya bagimu dan atas ujian yang ditimpakan-Nya kepadamu. 

Ungkapkan semua kebaikan yang Dia limpahkan kepadamu, dan segala puji syukurmu atas semua itu. Dustamu menyatakan puji syukur atas rahmat yang sesungguhnya belumkau dapatkan itu lebih baik ketimbang keluhanmu soal derita hidup.

وَءَاتَىٰكُم مِّن كُلِّ مَا سَأَلۡتُمُوهُۚ وَإِن تَعُدُّواْ نِعۡمَتَ ٱللَّهِ لَا تُحۡصُوهَآۗ إِنَّ ٱلۡإِنسَٰنَ لَظَلُومٞ كَفَّارٞ  

“Dan Dia telah memberikan kepadamu (keperluanmu) dan segala apa yang kamu mohonkan kepadanya. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghitungnya. Sesungguhnya manusia itu, sangat zalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah).” (QS. Ibrahim (14) : 34).

Sobat. Sebagai nikmat Allah juga ialah Dia telah menyediakan bagi manusia segala yang diperlukannya, baik diminta atau tidak, karena Allah telah menciptakan langit dan bumi ini untuk manusia. Dia menyediakan bagi manusia segala sesuatu yang ada, sehingga dapat digunakan dan dimanfaatkan kapan dikehendaki. 

Kadang-kadang manusia sendiri tidak mengetahui apa yang menjadi keperluan pokoknya, dimana tanpa keperluan itu, ia tidak akan hidup atau dapat mencapai cita-citanya. 

Keperluan seperti itu tetap dianugerahkan Allah kepadanya sekalipun tanpa diminta. Ada pula bentuk keperluan manusia yang lain yang tidak mungkin didapat kecuali dengan berusaha dan berdoa, karena itu diperlukan usaha manusia untuk memperolehnya.

Sobat. Sangat banyak nikmat Allah SWT swt yang telah dilimpahkan-Nya kepada manusia, sehingga jika ada yang ingin menghitungnya tentu tidak akan sanggup. Oleh karena itu, hendaknya setiap manusia mensyukuri nikmat yang telah diberikan Allah swt dengan jalan menaati segala perintah-Nya dan tidak melakukan hal-hal yang menjadi larangan-Nya. 

Sobat. Mensyukuri nikmat Allah yang wajib dilakukan oleh manusia itu bukanlah sesuatu yang diperlukan oleh Allah swt. Allah Mahakaya, tidak memerlukan sesuatupun dari manusia, tetapi kebanyakan manusia sangat zalim dan mengingkari nikmat yang telah diberikan kepadanya.

Sobat. Rasulullah SAW bersabda, “ Allah lebih penyayang kepada hamba-hamba-Nya ketimbang seorang ibu kepada anaknya.” (HR Al-Bukhari)

Sobat. Siapa saja hamba yang dirundung malang! Tunjukkan perilaku terbaikmu. Tunjukkan kesabaranmu saat musibah menimpamu meskipun kau tak bedaya karenanya. Bersabarlah selalu meskipun kau kepayahan dalam perjalananmu menyerahkan diri kepada-Nya. Bertakwalah selalu kepada-Nya. Ridha dan rindulah selalu kepada-Nya.

Sobat. Abu Hurairah berkata, “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda,” Dunia itu terlaknat. Juga terlaknat yang ada di dalamnya, kecuali Dzikrullah dan amal yang dicintai Allah, pengajar ('Alim), dan orang yang belajar (Mutaálliman). “ (HR al-Tirmidzi, Ibnu Majah).

Sobat. Ma’dan bin Abu Thalhah berkata, “Aku berjumpa dengan Tsauban, budak Rasulullah. Kukatakan kepadanya, “ Beritahu aku sebuah amalan yang dapat membuatku masuk surga. atau Aku berkata,” Apakah amal yang paling dicintai Allah?” ia terdiam. Untuk kedua kalinya aku bertanya, ia masih diam. Dan dikali ketiga, ia menjawab, “Aku pernah menanyakan hal itu kepada Rasulullah. Beliau menjawab, “Engkau perbanyak sujud kepada Allah. Setiap kali engkau bersujud, Allah akan mengangkat derajatmu dan menghapus kesalahanmu.” Ma’dan berkata, “Setelah itu, aku mendatangi Abu Darda’ dan menanyakan hal yang sama. Ternyata, ia menjawab seperti yang dikemukakan tsauban kepadaku.” (HR. Muslim, Al-Tirmidzi, An-Nasaí, Ibnu Majah, Ibnu Khuzamah dan Ahmad).

Sobat. Sedekah itu penolak bala’ atau bencana. Saydina Ali bin Abu Thalib berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ”Segeralah kalian bersedekah, sesungguhnya bencana tidak akan menimpanya.”

Sobat. Abu Darda bekata, “Aku mendengar Rasulullah bersabda, “Tidak ada sesuatu apa pun yang lebih berat ketika diangkat ke mizan daripada akhlak yang baik. Sesungguhnya pemilik akhlak yang baik mencapai derajat orang yang rajin berpuasa dan sholat.” (HR. al-Bukhari, Abu Dawuh, at-Tirmidzi).

Sobat. Bilal bin Umayyah berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Kalian hendaknya bangun malam, karena demikian itu adalah kebiasaan orang-orag sholeh sebelum kalian. Sesungguhnya bagun malam itu mendekatkan kepada Allah, mencegah dari perbuatan dosa, menghapus kesalahan, dan mengusir penyakit dari dalam tubuh.” (HR. at-Tirmidzi dan Ibnu Khuzaimah)

Sobat. Jadilah hamba terpilih, bahkan yang terpilih diantara yang terpilih. Caranya, sirnakan kehendak dan hasrat pribadimu. Berjuanglah untuk selalu dekat kepada Allah. Kedekatan-Nya itu tidak terlihat olehmu dan kau terus tenggelam di hadirat-Nya.


Oleh: Dr. Nasrul Syarif M.Si. 
Penulis Buku Gizi Spiritual dan Buku The Power of Spirituality. Dosen Pascasarjana UIT Lirboyo Wakil Ketua Komnas Pendidikan Jawa Timur
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar