Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

K.H. Ahmad Fadholi: Pondok Solusi dari Ketimpangan Sistem yang Tidak Islami


Topswara.com-- Mudir Pondok Pesantren Nahdlotul Muslimat KH Ahmad Fadholi mengatakan, pondok pesantren merupakan solusi dari ketimpangan sistem yang tidak Islami.

“Sebenarnya pondok itu adalah solusi dari sebuah ketimpangan sistemnya yang tidak  Islami, kenegaraannya tidak Islam,” tuturnya kepada Topswara.com, Jumat (24/9/2021).

Ia menambahkan, pondok merupakan wasilah untuk menanamkan akidah dan kepribadian islami. “Jadi sebenarnya begini, pondok itu sarana, pondok itu adalah wasilah, yang wajib itu adalah memberi pengetahuan agama, menanamkan akidah kepada anak, membiasakan ibadah dan menjadi kepribadian yang islami,” imbuhnya.

Kiai Fadholi sapaan akrabnya menegaskan, perlu kerja sama antara orang tua dengan para ustazah untuk untuk menyamakan frekuensi.

“Kerjasama antara orang tua dan ustazah itu penting sekali. Namun, menyamakan frekuensi itu sulit sekali. Padahal di pondok itu, anak-anak tabiatnya macam-macam. Menyamakan frekuensi itu sulit, jadi disatukan frekuensinya itu dulu. Sehingga nanti tujuan yang ingin diraih itu bareng-bareng antara orang tua dan pihak pondok dan masalah-masalah yang muncul itu juga di selesaikan bareng-bareng,” paparnya.

Ia menegaskan pondok bukan merupakan solusi paripurna untuk sebuah pendidikan.
 
“Di dalam ketimpangan itu memang bagus, cuma itu bukan solusi paripurna untuk sebuah pendidikan, itu enggak begitu. Solusi paripurnanya itu memang sistemnya Islam. Sistem pendidikan Islam, sistem pergaulan laki-laki perempuan Islam, kemudian media yang zamannya sekarang itu juga difilter dengan Islam, itu solusinya,” pungkasnya.[] Sri Purwanti
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar